February 5, 2016

Yayasan

 

Yayasan Dunia Damai adalah sebuah lembaga sosial non-profit yang bergerak di bidang seni, budaya dan pendidikan alternatif bagi anak-anak. Yayasan ini berdiri didasari oleh satu kekhawatiran tentang kehidupan anak-anak di Yogyakarta dan sekitarnya yang saat ini cenderung kehilangan ruang publik untuk bermain, belajar, dan tumbuh.

Yayasan ini dirintis oleh beberapa relawan yang memiliki antusias dan kepedulian tinggi terhadap kehidupan anak-anak di sekitar, pendidikan anak dan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam mainan dan permainan tempo dulu. Kami membentuk satu komunitas yang bernama Komunitas Kolong Tangga. Lalu pada tanggal 2 Februari 2008, kami resmi membuka sebuah museum mainan anak dan melegalisasi komunitas menjadi sebuah yayasan oleh notaris MF. Jenny Setiawati Yosgiarso, SH, dengan nomor daftar: 42/16 Juni 2008 dan SK Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomer AHU-4311.AH01.04. tahun 2009.

Dunia Damai memiliki motto dasar ‘yayasan untuk semua anak’. Motto ini merupakan niat dasar yayasan untuk memberikan kesempatan kepada setiap anak-anak Yogyakarta dan sekitarnya untuk belajar dan berkembang melalui kegiatan-kegiatan kami tanpa membedakan status sosial dan ekonomi mereka. Kami mempunyai mimpi untuk membangun sebuah ruang publik untuk anak-anak, di tempat inilah anak-anak yang kurang mendapatkan kesempatan untuk belajar tentang seni, budaya dan pendidikan alternatif, bisa mengekspresikan kreativitas mereka dan mendapatkan manfaat dari kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh Yayasan Dunia Damai.

Untuk mewujudkan impian ini, Yayasan Dunia Damai mendirikan dan mengelola Museum Pendidikan dan Mainan Kolong Tangga. Kami menggunakan museum sebagai peluang untuk mempromosikan pendidikan alternatif melalui mainan dan permainan tempo dulu. Pengenalan re-evaluation dari permainan rakyat atau mainan tempo dulu di Indonesia dan dunia menempati posisi pada urutan pertama dalam program kerja museum. Untuk alasan inilah Yayasan Dunia Damai menganggap bahwa kegiatan-kegiatan seperti workshop, guiding, Perpustakaan Burung Biru,majalah serta pameran pendidikan merupakan kegiatan penting yang harus dilaksanakan secara kesinambungan.

Visi dan Misi

  1. Mengumpulkan objek-objek yang ada kaitannya dengan mainan tradisional tempo dulu baik di Indonesia dan jika memungkinkan di luar negeri.
  2. Melestarikan objek-objek kerajinan rakyat yang masih ada dan berhubungan dengan mainan tempo dulu, untuk menjaga tradisi ini tetap hidup dengan tujuan membangkitkan dan menambah ketertarikan generasi muda pada seni kerajinan tradisional yang menggunakan bahan dasar alam dari lingkungan sekitar.
  3. Membantu anak-anak dan remaja untuk mengenal lingkungan alam dan lingkungan sosial- budaya mereka sejak usia dini.