February 5, 2016

Museum

Museum Pendidikan dan Mainan Kolong Tangga adalah museum mainan anak pertama dan satu-satunya di Indonesia. Dibuka untuk umum pada tanggal 2 Februari 2008. Museum ini didirikan berawal dari satu kekhawatiran Pak Rudi Corens–seorang seniman berkebangsaan Belgia yang sudah lama tinggal di Yogyakarta–akan anak-anak dan remaja yang cenderung melupakan budaya dan tradisi mereka sendiri di era globalisasi ini. Anak-anak sekarang lebih memilih untuk menghabiskan waktu untuk menonton televisi atau bermain gadget dan elektronik lainnya.

Museum Pendidikan dan Mainan Kolong Tangga ingin mengangkat dan memperkenalkan fungsi dari mainan dan permainan tradisional sebagai bagian dari kehidupan anak sehari-hari. Kami percaya pada nilai-nilai sosial dan lingkungan dalam mainan dan permainan tradisional, dari mulai penggunaan bahan, proses pembuatan hingga bagaimana cara memainkan mainan tersebut. Berangkat dari hal penting tersebut, kami mencoba untuk menarik minat dan kecintaan anak-anak, remaja, dan orang dewasa terhadap mainan dan permainan tradisional.

Seperti disebutkan sebelumnya, Museum Pendidikan dan Mainan Kolong Tangga ini dirancang untuk menjadi area publik, ruang tamu umum. Museum kami tidak hanya digunakan sebagai tempat untuk menyimpan dan menampilkan benda-benda masa lalu semata, tetapi juga menjadi sumber inspirasi bagi kreativitas anak-anak dengan melakukan kegiatan seperti workshop kreatifitas, konser musik dan pameran tahunan sehingga anak-anak merasa dekat dengan museum.

Koleksi Museum Pendidikan dan Mainan Kolong tidak semata tentang mainan dan permainan tradisional, tetapi juga segala sesuatu yang berkaitan dengan dunia anak. Saat ini museum kami memiliki hampir 17.000 buah objek yang terdiri dari mainan, permainan, buku cerita lama, poster, gambar dan lain-lain dari Indonesia dan dunia. Karena keterbatasan ruang, kami hanya bisa menampilkan sekitar 300-500 objek saja dan sisanya disimpan di gudang sekretariat kami.

Hampir 80% dari koleksi asli kami merupakan sumbangkan Pak Rudi Corens pada Yayasan Dunia Damai. Sisanya, berupa sumbangan dari para sahabat museum, donatur dan sponsor untuk memperkaya koleksi kami. Selain itu kami juga melakukan pertukaran koleksi dengan museum anak-anak lain, salah satunya yang pernah terlaksana dengan sebuah museum di Hongaria.

Museum Anak Kolong Tangga buka pada hari Selasa-Minggu pukul 09.00-16.00 WIB. Hari Senin, museum ditutup untuk perawatan.