Surat Apresiasi untuk Walikota Bandung

Gawai, atau yang sering kita kenal dengan istilah gadget, diciptakan dengan tujuan utama untuk mempermudah kehidupan manusia. Fungsinya kini lebih dari sekedar alat komunikasi. Terutama bagi anak, gawai adalah salah satu sarana hiburan yang kini dekat sekali dengan kehidupan mereka. Mari lihat sekeliling kita, tentu banyak kita temukan anak yang piawai mengutak-atik layar ponsel.

Museum Kolong Tangga sejak dulu berusaha memerangi dampak buruk penggunaan gawai untuk anak-anak. Terlebih jika anak mulai kecanduan untuk bermain game atau menonton video lewat telepon genggam milik mereka, atau milik orang tua mereka. Dua penyebab utama fenomena ini, adalah pemberian dan pembiaran, terutama dari orangtua dan keluarga terdekat anak.

Walikota Bandung periode 2018-2023, Bapak H. Oded Muhammad Danial, S. A. P., melihat pentingnya upaya untuk mengatasi masalah kecanduan bermain gawai pada anak. Beliau mencetuskan program yang istilahnya cukup mengundang senyum kami, “Chickenisasi”.

Anak-anak SD dan SMP di wilayah Kota Bandung akan dibagikan anak-anak ayam untuk dipelihara di rumah. Setelah anak diberi satu ekor ayam, diharapkan mereka akan beralih dari bermain gawai ke aktivitas baru yang lebih positif (dan tak kalah asyik, tentunya!). Diharapkan pula tumbuhnya rasa tanggung jawab pada diri anak, karena hidup sang satwa bergantung pada mereka.

Rudi Corens, kurator museum kami, menulis surat apresiasi untuk Mang Oded, Walikota Bandung, yang dapat dibaca pada gambar di bawah:

(AT)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *