Press Release Pameran Temporer MKT ke-9, ‘Aku Cinta Kodok, Utamakan Alam!’

Museum Pendidikan dan Mainan Kolong Tangga akan menggelar pameran temporer yang ke sembilan dengan tema, ‘Aku Cinta Kodok, Utamakan alam!’. Ide mengenai pameran ini datang dari Kurator dan Relawan Museum Pendidikan dan Mainan Kolong Tangga yang prihatin akan pencemaran lingkungan. Pameran akan diselenggarakan di lantai 1 Lippo Plaza, Yogyakarta pada 16-25 Februari 2018.

 

Pameran yang diselenggarakan sebagai protes atas pencemaran lingkungan ini menghadirkan ikon kodok sebagai tokoh utamanya, sebab kodok merupakan spesies pertama yang terdampak dari situasi tersebut. Pameran ini akan menampilkan beberapa komposisi dari perwujudan kodok: dalam mainan, kesenian, foto, dokumen, karya sastra maupun spesimen hidup.

 

Salah satu tujuan dari diselenggarakannya pameran ini adalah untuk mengasah kepekaaan anak maupun remaja dan masyarakat pada umumnya mengenai bahaya laten dari polusi udara, yang merupakan bencana lingkungan dan ekologis buah karya manusia di seluruh dunia. Untuk itu, sejalan dengan pameran ini Museum Pendidikan dan Mainan Kolong Tangga juga mengadakan dua kompetisi untuk anak-anak dan remaja di wilayah DIY.

 

Dua kompetisi tersebut diantaranya adalah Kompetisi Menulis dan Pidato yang bertemakan mengenai polusi dan dampaknya untuk lingkungan. Pada tanggal 25 Februari 2018 mendatang, peserta kompetisi yang berhasil lolos, akan unjuk diri mengeluarkan gagasan dan pandangannya kepada publik, dalam acara penutupan pameran sekaligus pengumuman pemenang kompetisi.

 

Melalui pameran dan kompetisi Menulis dan Pidato ini, Museum Pendidikan dan Mainan Kolong Tangga berupaya melibatkan anak-anak lebih jauh dalam tindakan melawan situasi yang membahayakan dunia tersebut. Pameran ini juga diharapkan akan menjadi pendorong interaksi antara masyarakat dengan Museum Pendidikan dan Mainan Kolong Tangga, sehingga masyarakat Yogyakarta lebih mengenal Museum Kolong Tangga, perkembangannya, dan program-program edukasinya.

 

Pameran ke sembilan ini juga menandakan hari lahirnya Museum Kolong Tangga yang ke-10, dan dengan keadaan museum saat ini,  Komite Kerja Museum Kolong Tangga memutuskan untuk merayakan hari ulang tahun MKT dengan merancang pameran “Aku Cinta Kodok, Utamakan Alam!”, dengan harapan dapat menggambarkan  komitmen dan idealisme yang mempersatukan relawan MKT selama sekian tahun keberadaan MKT.

 

Dalam penyelenggaraan pameran ini, museum bekerja sama dengan Dewan Pendidikan DIY, Kedutaan Besar Belgia di Indonesia, Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada, Lippo Plaza DIY, pengusaha, seniman, kolektor, pengrajin hingga anak-anak muda Yogyakarta yang tergabung dalam panitia pameran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *