Mainan Tertua di Museum Kolong Tangga ?

Gajah Tanah Liat

Mainan Tertua di Museum Kolong Tangga ?

            Beberapa waktu yang lalu, seekor Gajah dari tanah liat dengan warna abu-abu kecoklatan telah menjadi milik Museum. Warna abu-abu kecoklatan ini mungkin karena terlalu lama dalam kiln ketika membuatnya.

Gajah yang diduga dibuat di jaman Majapahit ini menjadi benda yang paling memikat karena baru pertama kali ini kami melihat binatang yang terbuat dari tanah digunakan sebagai mainan. Dengan tinggi 10 cm, Gajah ini dibuat dalam dua bagian kemudian dipress dalam cetakan. Kakinya yang berukuran 2 X 2 cm merupakan blok yang sangat padat dengan lubang pada setiap kakinya. Apa mungkin lubang itu untuk poros roda ya ?

 

G

 

Melihat bentuknya, kemungkinan cara menjalankan mainan ini ditarik dengan tali.

Di Lembah Hindus, arkeolog pernah menemukan mainan seperti ini juga lho! Para arkeolog yakin mainan yang mereka temukan telah berumur sekitar 3000 atau 4000 tahun yang lalu. Wow…

Jika gajah ini benar-benar berasal dari Majapahit, maka gajah ini merupakan mainan yang ditarik tertua yang dimiliki Museum Anak Kolong Tangga. Gajah mainan in mungkin usianya tujuh ratus tahun lebih, tetapi usia itu tidak mungkin kan untuk seekor gajah? (Pak Rudi)

 

Artikel ini juga dimuat dalam Majalah Anak “Kelereng”, Edisi ke-9, September 2008.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *