February 6, 2016

Workshop

workshop

Anak-anak berkreasi dengan tanah liat.

Workshop adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh para relawan di mana anak-anak bebas untuk mengeksplorasi kemampuan dan daya kreativitas mereka dengan membuat dan memainkan mainan atau permainan tempo dulu. Melalui workshop ini juga, kami mencoba mendorong anak-anak untuk lebih memahami nilai-nilai penting dan kaya dari budaya. Dengan kreatifitas mereka sendiri, mereka menciptakan, membuat, berkolaborasi dan memainkan mainan dan permainan tempo dulu dalam tim dengan bimbingan relawan kami. Workshop dibagi dalam dua kategori, yaitu: workshop indoor dan outdoor. Melalui workshop ini, museum menjadi lebih hidup dan lebih berwarna.

Workshop Indoor

1

Relawan bersama dengan anak-anak membuat kolase dengan majalah bekas.

Workshop Indoor menyediakan kegiatan untuk merangsang kreativitas anak-anak dengan melibatkan anak-anak secara langsung untuk membuat mainan tempo dulu atau kreativitas seni lainnya. Satu hal yang perlu digaris-bawahi adalah bagaimana anak-anak dapat menggunakan kembali dan mendaur ulang bahan bekas pakai dan bahan alami sebanyak mungkin sebagai alat dan media untuk belajar.

Mainan atau karya yang dibuat dalam workshop ini adalah mainan tempo dulu atau benda-benda seni lainnya yang terinspirasi dari koleksi museum. Beberapa workshop yang kami lakukan misalnya: membuat topeng kertas, topi kertas, othokothok, lampion, berkreasi dengan tanah liat, kolase dan lain-lain. Sering juga dalam workshop indoor ini membuat program tentang storytelling, seni untuk anak, story reading dan menulis. Semua kegiatan tersebut tanpa dipungut biaya.

Kegiatan Luar Ruangan dan Permainan Tempo Dulu

2

Anak-anak bermain bakiak dalam kegiatan ‘Outdoor Activities and Traditional Games’

Merupakan kegiatan di mana anak-anak memainkan permainan tempo dulu di luar ruangan, biasanya di halaman depan Taman Budaya Yogyakarta atau di tempat lain. Beberapa permainan tempo dulu yang dimainkan misalnya: gobag sodor, benthik, egrang, kelereng dan lain-lain. Melalui kegiatan ini kita mencoba untuk mememperkenalkan arti penting akan kerja sama tim, nilai-nilai dasar sosial, sportifitas dan konsekuensi. Kami juga mencoba untuk menghubungkan anak-anak dengan lingkungan alam dan sosial melalui berkebun dan memperkenalkan anak-anak untuk berbagai profesi seperti polisi, dokter, arkeolog dan profesi lainnya.

Permohonan workshop  dapat diajukan paling lambat dua minggu sebelum kegiatan berlangsung. Untuk informasi lebih lanjut mengenai aturan dan daftar harga workshop, silakan hubungi nomor sekretariat Museum Kolong Tangga (08112633977) atau kirim surel ke untuk_semua_anak@yahoo.com. Untuk daftar kegiatan workshop dapat diunduh disini